... Jangan Lewatkan Pekan Parade Muslim 2016 InsyaALLAH pada pertengahan Maret 2016 ...

Jalan Dakwah

Posted by

JALAN DAKWAH
Bismillah.
Dakwah merupakan sesuatu yang mutlak menjadi tugas setiap muslim. Kehidupan ini dirancang tidak akan terlepas dari yang namanya kegiatan dakwah. Namun kemudian, setiap keputusan ada ditangan setiap insan, mereka akan memilih berdiri di barisan dakwah atau malah menjauhi dakwah. Tak banyak orang yang memilih berada di jalan ini, karena begitulah karakteristik dakwah yang benar. Karakteristik dakwah yang benar itu ada tiga ciri, pertama, sedikit orang, kedua banyak tantangan, dan terakhir perjalanannya panjang. Namun dakwah adalah sebuah keputusan terbaik bagi orang yang ingin mendapatkan kemuliaan. Dakwah ini adalah jalan bagi orang yang ingin mendapat kemuliaan disisi Allah di dunia dan akhirat.
Salah satu nikmat Allah yang menandakan Allah sayang kepada seorang hamba adalah nikmat diberikan lingkungan yang baik atau yang disebut kebersamaan dalam kebaikan. Kebaikan sendiri dapat diartikan sebagai dakwah. Kebersamaan dalam dakwah erat kaitannya dengan silaturahim, perjuangan. Maka satu hal yang harus kembali kita syukuri adalah bahwa kebersamaan dalam kebaikan ini adalah nikmat terbesar ketiga setelah nikmat iman, nikmat kesehatan. Bersyukurlah sahabat semua karena Allah telah memilih kita di jalan ini.
Karenanya kami bersyukur telah Allah takdirkan telah berada pada barisan dakwah, dan mencintai dakwah ini. Tidak banyak orang yang Allah takdirkan dapat merasakan indahnya kebersamaan dalam dakwah ini. Maka bentuk rasa syukur kami inilah yang menghantarkan saya pada kontribusi yang tiada habisnya untuk dakwah ini. Karena dakwah bukanlah sesuatu yang hanya dilakukan dan kemudian selesai. Dakwah itu memiliki perjalanan yang panjang. Dakwah tidak akan pernah berhenti sebelum dunia ini diisi oleh insan-insan yang beriman kepada Allah seluruhnya. Sungguh pendek pikiran orang yang meninggalkan dakwah dengan alasan takut berhadapan dengan orang-orang yang nantinya akan membuat turunnya iman mereka.
Perlu diketahui bahwa, seorang yang meninggalkan aktivitas dakwah biasanya dilandasi dari beberapa hal diantaranya:
  1. Takut keimanannya akan turun.
  2. Aktivitas dakwah merupakan interaksi yang membuat hatinya menjadi kotor.
  3. Berdakwah banyak mengurangi waktu ibadah pribadinya kepada Allah.
  4. Ibadah kepada Allah tidak hanya dengan berdakwahmasih banyak cara lainnya.
  5. Ingin menuntut ilmu yang banyak dulu baru kemudian berdakwah.
  6. Dakwah itu pilihanjadi bisa dilaksanakan bisa juga tidak.
  7. Dakwah merupakan tugas dai atau ulama-ulama pilihan Allah.
Dan masih banyak sekali alasan mereka meninggalkan dakwah ini. Sesungguhnya semua alasan tersebut dapat ditepis. Dakwah itu merupakan kewajiban bagi setiap insan yang Allah beri nyawa dan bukanlah sebuah pilihan. Dakwah dapat disampaikan meski hanya satu ayat. Dalam berdakwah bukan berarti diri kita sudah baik, namun dengan berdakwahlah kita terus menerus memperbaiki diri. Dan perlu diketahui bahwa orang-orang yang meninggalkan dakwah dengan berbagai alasan salah satunya takut akan turunnya, sesungguhnya dengan meninggalkan dakwahlah keimanan mereka disebut turun. Wallahu’alam.
Mari kita biasakan diri untuk mencintai dakwah ini. Mencintai jalan perjuangan yang telah Allah janjikan kepada manusia yang menghidupkan agama-Nya bahwa mereka akan mendapat ridho Allah dan surga-Nya. Insya Allah. Hiduplah untuk perjuangan, dan hiduplah untuk perjuangan. Yakini bahwa kelak akan kau dapatkan hasil yang begitu membuatmu takjub, itulah balasan dari Allah kepada orang-orang yang memilih jalan dakwah ini.

oleh :
Abdul Holid
Pendidikan Manajeman Perkantoran - UPI


Blog, Updated at: 18.34.00

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.